Korrie Layun Rampan
Harian Analisa, 31 Mei 2015
Apakah sastra Indonesia itu? Siapakah sastra Indonesia itu? Di manakah sastra Indonesia itu? Apakah rumah sastra Indonesia itu? Mau apa sastra Indonesia itu? Hendak ke mana sastra Indonesia itu?
Saya tidak akan menjawab pertanyaan saya sendiri. Saya akan menelusuri sastra Indonesia mutakhir dalam konteks arah atau kecenderungannya pada masa akhir-akhir ini dan masa akan datang. Diakui, sastra futurisme pun juga tidak akan mungkin meramalkan kemana sesungguhnya arah sastra suatu komunitas, suatu etnik, atau sastra suatu bangsa.
Sebagaimana diketahui bersama, sastra Indonesia lahir pada tahun 1920, saat Muhammad Yamin menulis sajak “Tanah Air” di majalah lokal kebangsaan Jong Sumatera. Secara estafet sajak modern itu ditulis oleh Amir Hamzah (Pujangga Baru), Chairil Anwar (Angkatan 45), Subagio Sastrwowardoyo, Taufiq Ismail, Sapardi Djoko Damono, Goenawan Mohamad (Angkatan 66), F. Rahardi, Linus Suryadi AG, Emha Ainun Nadjib, Eka Budianta (Angkatan 80) dan Afrizal Malna, Seno Gumira Adjidarma, Kriapur, Ayu Utami, Dee, Ahmadun Yosi Herfanda, Nirwan Dewanto, M. Fadjroel Rachman, H.U. Mardi Luhung, Evi Idawati, Laksmi Pamuntjak (Angkatan 2000). Para sastrawan ini telah meninggalkan jejak dalam perjalanan panjang sastra modrn Indonesia (1900-2015).
Jejak apakah yang telah ditinggalkan para sastrawan itu dalam sastra Indonesia? Secara sederhana dapat dirumuskan beberapa hal penting dari kehadiran para sastrawan ini dalam perjalanan panjang sastra modern Indonesia. Dimulai dari Muhammad Yamin, melahirkan genre baru dalam sastra Indonesia.
Muhammad Yamin, pelahir genre sastra puisi Indonesia modern. Dengan demikian, dia telah memulai bentuk baru yang berbeda dari bentuk-bentuk puisi tradisional.
Amir Hamzah merevolusikan bahasa dengan menggunakan bahasa baru yang berbeda dari bahasa pantun, syair, gurindam, hikayat, riwayat dan berbagai jenis sastra lama. Di tangan Amir Hamzah, bahasa menjadi dinamik, bercahaya, lentur dan baru.
Dengan bahasa itu dia menulis segala persoalan kejiwaan dan hidup percintaan maupun kekhusukkan di dalam iman percaya kepada Tuhan. Sajak-sajak Amir Hamzah memerdekakan bahasanya dari determinasi ruang lama dan kuno yang membelenggu, dengan berbagai aturan yang mereduksi kreativitas.
Kehadiran Chairil Anwar, membawa bentukan puisi melampaui Pujangga Baru yang melahirkan Belenggu; membawa suasana dan situasi paling dinamik dalam sastra Indonesia modern. Chairil merupakan pembaharu sejati dan peletak dasar sastra puisi paling berkualitas. Sajak-sajaknya mencirikan perlompatannya dari puisi lisan menjadi puisi tulisan; dan dari sastra bisu dengan tendensnya yang luas ke sastra memberontak terhadap realitas indivindu, masyarakat luas, bangsa dan negara. Sajak-sajaknya sensitif, meninggalkan sastra massal ke sastra keseorang yang mengandung nilai-nilai universal. Dengan sajak-sajak yang demikian. dia muncul sebagai individu dengan individualitas yang sangat kuat; sebagai pembaharau yang memasukkan genre puisi Indonesia ke dalam rumah puisi dunia.
Idrus membawa cara baru penulisan cerpen yang bersifat sketsais. Seperti diketahui, sketsa adalah orat-oret atau lukisan yang belum selesai. Dengan demikian, fiksi-fiksi Idrus merupakan ciptaan yang memiliki sifat sketsais. Secara metafora menunjukkan perlambangan masyarakat Indonesia yang sedang berada di tengah transisi menjadi bangsa. Fiksi-fiksi itu -termasuk drama- menunjukkan arah fiksi cerpen. Memperlihatkan unsur karya yang belum menjadi, di samping jenis cerita Armijn Pane yang berunsur ilmiah dan aliran yang dibawa Hamka sebagai aliran cerpen kemasyarakatan.
Sitor Situmorang mengangkat bentuk baru dalam puisi, cerpen, dan drama pada generasi Angkatan 45. Penggunaan bahasanya yang plastis, sangat dekat dengan Amir Hamzah dan penggunaan ide-ide pikiran dalam sintaksis yang memikir. Dia dekat dengan Chairil Anwar. Sitor menggunakan berbagai perangkat bentuk dan isi, untuk mencapai ide-ide jenial tentang bentuk, tema dan pikiran. Di antara sajaknya yang sangat individual dan merupakan tema romantisme seks paling indah dalam sastra Indonesia. Dapat dilihat dalam sajaknya “La Ronde II”, seperti dikutip berikut ini.
Sitor Situmorang
<strong>LA RONDE</strong>
II
Adakah yang lebih indah
dari bibir merekah?
Adakah yang lebih manis
dari gelap di bayang alis?
Di keningnya pelukis ragu:
Mencium atau menyelimuti bahu?
Tapi rambutnya menuntun tangan
hingga pinggulnya, penuh saran.
Lalu paha, pualam pahatan
mendukung lengkung perut
Berkisar di pusat, lalu surut
agak bawah, ke pusar segala
Hitam pekat, siap menerima
dugaan indah.
Ah, dada yang lembut menekan hati
Terimalah
kematangan mimpi lelaki!
Beberapa novel Mochtar Lubis mengambil tema psikologi, kemasyarakatan, sosiologi dan dunia perang. Fiksi-fiksi sastrawan ini sangat kuat dan memiliki nilai kesejarahan dan nuansa politik seperti cerpen ”Nasionalis Nomor Satu” dan “Kuli Kontrak”. Cerpen-cerpen ini menjadi penanda dan bukti sejarah perjuangan bangsa dan upaya-upaya selanjutnya dalam mempertahankan kemerdekaan dan harkat bangsa.
Iwan Simatupang merupakan novelis dan cerpenis yang membawa perubahan baru dan pembaruan dalam sastra modern Indonesia. Kumpulan cerpennya Tegak Lurus dengan Langit dan novel Merahnya Merah, Ziarah dan Kering telah menampakkan pembaruan dalam hal struktur dan pemikiran. Iwan memperlihatkan fiksi modern yang berkelindan dalam interour monolog yang menekankan arus kasadaran. Tokoh-tokoh Iwan lebih berupa jelmaan manusia filsafati yang terbimbing dalam aliran eksistensialisme.
Dengan membawa tokoh-tokohnya eksis dalam ranah kehidupan tumpah darahnya sendiri. Umar Kayam, Ahmad Tohari, Linus Suryadi AG dan Korrie Layun Rampan membawa tokoh-tokoh kisah mereka ke ranah nenek-moyang yang menentukan trah dan keberhasilan di dalam lakuan perjuangan sehari-hari.
Umar Kayam memberhasilkan tokoh-tokohnya di dalam kerja keras upaya menjadi diri mereka priyayi jelata -bukan priyayi darah biru- sehingga mereka menjadi contoh yang nyata dari perjuangan kemanusiaan. Ahmad Tohari membawa tokohnya berjuang di dunia kebudayaan dengan membuka diri seluas-luasnya untuk landas tumpu budaya rakyat kecil yang menjadi gantungan kehidupan. Linus Suryadi memperlihatkan budaya bedinde (pembantu) -yang membantu luar dalam- sebagai bagian dari budaya daerah yang hidup dengan realitas yang memungkinkan masyarakatnya bereksistensi.
Dalam realitas budaya Jawa, anak dari hasil hubungan gelap - kaum bangsawan dengan gadis dari rakyat jelata, diakui sebagai anak turunan kaum bangsawan, tetapi sang Ibu tetap berada di luar garis. Korrie Layun Rampan dengan kisah-kisah esoterik dari dunia Dayak, membawa pembaca kepada realitas keisolasian masyarakat pedalaman terhadap dunia modern, dunia kemajuan. Mereka tetap saja terjelungkap di dalam dunia yang jauh tertinggal di luar lingkaran realitas dunia global yang sudah mencapai bulan.
Berbagai pikiran dan bentuk ucap dari para sastrawan yang menjalani estafet dalam angkatan sastra selanjutnya seperti yang dilakukan Iman Budhi Santosa dan Kusnin Asa. Menulis tentang sepi -dan kehidupan yang ada di dalamnya- dan Emha Ainun Nadjib yang mengestafeti keindahan nuansa religius sufi, kemudian mencirikan sajak-sajak sufistik. Sajak-sajaknya yang mencirikan hal demikian terasa sangat indah dan menjadi bagian penting perjalanan sastra Indonesia kiwari seperti dapat dirasakan dari kutipan berikut ini.
Emha Ainun Nadjib
<strong>TIDUR HANYA PADA-MU</strong>
Tidur hanya bisa pada-Mu
Ketika larut badan tak menggoda
Sudah khatam segala tangis rindu
Tinggal jiwa kusut dan sebuah lagu
Jiwa terjajah luka
Bersujud sepanjang masa
Di peradaban yang sakit jiwa
Hanya bisa kupeluk guling rahasia
Tidur hanya bisa pada-Mu
Ya, kekasih, tidur hanya bisa pada-Mu
Kalau tak Kau eluskan tangan
Bangunku tetap saja ke dunia
Sejak semua telah kuikrarkan
Cuma Engkau sajalah yang kudambakan
Dengan sangat kumohonkan tidur abadi
Agar kumasuki bangun yang sejati
1986
Novel-novel Seno Gumira Ajidarma (Naga Bumi I-II yang sangat tebal), Ayu Utami, Dee, M. Fadjroel Rachman, Djenar Maesa Ayu, Lan Fang, Cok Sawitri dan lain-lain memperlihatkan penjelajahan estetik yang sangat luas dengan intensitas cerita, menjangkau ke berbagai dunia baru yang spektakuler. Karya-karya ini memasuki era baru dan wilayah baru yang menjadi pertaruhan perkembangan dan pengembangan sastra modern Indonesia.
Cerpen-cerpen Seno Gumira Ajidarma dalam Saksi Mata; cerpen-cerpen Joni Ariadinata dalam Kastil Angin Menderu; cerpen-cerpen Lan Fang dalam Yang Liu dan lain-lain. Cerpen-cerpen Djenar Maesa Ayu dalam Mereka Bilang Saya Monyet, Saia dan lain-lain. Cerpen-cerpen Dee dalam Filosofi Kopi; cerpen-cerpen Khairul Jasmi dalam Ketika Jenderal Pulang. Cerpen-cerpen Rama Dira dalam Kucing Kyoko, dan lain-lain -jumlahnya puluhan- menunjukkan makin berkembangnya cerpen sebagai genre sastra, setelah Muhammad Kasim dan Suman Hs. menulis cerpen-cerpen anekdot.
Sastra modern Indonesia diperkaya oleh hadirnya penyair, dramawan, esais, cerpenis, kritikus sastra dan novelis, menunjukkan kualitas mengagumkan. Nama-nama seperti Darman Moenir, Juniarso Ridwan, Acep Zamzam Noor, Soni Farid Maulana, Wendoko, Tia Setiadi, Micky Hidayat, Jamal T. Suryanata, Mahmud Jauhari Ali, Burhanuddin Soebely, Gus tf, Ratih Kumala, Oka Rusmini, Isbedy Styawan ZS., Cecep Syamsul Hari, Jamal D. Rahman, Triyanto Triwikromo, Evi Idawati, Cicilia Anggraini Oday, Agus R. Sarjono, Thresia Ratu Angin, Hermiyana, Arif B. Prasetyo, Ma’mur Saadie, Kinanthi Anggraini, Shantined, Cok Sawitri, Amien Wangsitalaja, Fakhrunnas MA Jabbar, Sulaiman Djaya, Hasan Al-Banna, Tomy Tamara, Benazir Nafilah, Wirja Taufan, Budhi Setyawan, Iverdixon Tinungki, Pitres Sombowadila, Syaifuddin Gani, Abidah El-Qalieqy, Ulfatin Ch., Nenen Lilies A., Irianto Ibrahim, Juwairiyah Mawardy, Chen Chen, M. Fauzi, Saifun Arif Kojeh, Ahmad David Khollillurrahman, Yusran Arifin, Raedu Basha, Khoer Jurzani, Fandi Kachonk, A’yat Khalili, Fitri Yani dan ratusan nama yang mengisi antologi Angkatan 2000 dalam Puisi Indonesia. Di antara mereka, berikut ini dikutip puisi Vinca Dia Kathartika Pasaribu (lahir 1996) dan Laksmi Pamuntjak (Pamuntjak, Amba: 2012: 75). Sebagai contoh bentuk ucap, imaji dan metafor puisi dan daya bayang, pilihan kata, dan sintaksis novel Indonesia mutakhir.
Vinca Dia Kathartika Pasaribu
<strong>SETANGKAI</strong>
Aku setangkai sunyi mengamini mekar janji
Di muara kelam malam
Debu gemintang berjajar pada lusuh kerinduan
Rindu nyanyi diri
Rindu tenang hati
Rindu yang membuncah laksana mata samudera
Aku setangkai perih yang tiap malam turut berbaris
Memikul tandu-tandu luka, menghantarnya ke larut doa
Satu per satu anyir yang menganga disemayamkan dalam keranda raga
Di telapak tanganku, dupa kutuk menyala
Getir aroma kepasrahan
Pasrah terbakar diri
Pasrah tertawan hati.
20-12-2012 Horison/Kakilangit, 9/210, Th. XLVIII, September 2013
***
"Kau tak perlu bercerita,” bisik Samuel, “apabila kau belum siap.”
Perempuan itu memang tak hendak berbagi tentang kematian Bhisma: setidaknya bukan sekarang. Ada padanya yang ingin kembali ke awal mula: ke sebuah masa kecil di mana dunia hadir sebagai sesuatu yang tak diketahui, sebagai mulut-mulut yang belum bertutur-kisah, sebagai tubuh-tubuh yang belum mengenal haus dan lapar. Bagaimana ia bermula, bagaimana Amba dan Bhisma bermula. Surat-surat itu: ah, surat-surat itu. Surat-surat yang telah bertahun-tahun terkubur bersama darah, tanah dan air. Tanah air, tumpah darahku. Seperti apa rasanya membaca surat-surat yang ditulis untukmu beberapa tahun lampau, ketika dia bukan dia, kamu bukan kamu, ketika dia belum mati, dan kamu adalah kamu yang lain?
Apa hak Samuel untuk berpikir tentang ke-kamu-an seorang Amba dan Bhisma, ketika semakin lama dia semakin tak mengenali dirinya sendiri? Ketika lidahnya semakin kelu dan kata-katanya tinggal satu: maaf? Maaf sebab aku terlaklu bodoh untuk menjadi berguna. Maaf sebab akun tak sanggup meringankan peneritaanmu. Maaf sebab aku tak punya nama untuk kepedihanmu dan sebab setiap kali aku menatapi wajahmu, aku melakukan sesuatu yang tak patut.
“Maafkan aku,” kata Samuel sambil menyentuh tangan perempuan itu, “kau tahu kau tak perlu berbagi apa pun dengan aku.”
“Jangan minta maaf,” sahut Amba. “Tak ada yang lebih menyedihkan di dunia ini, Samuel, daripada permintaan maaf yang tak ada tempatnya.”
Semuel tak bersuara.
Perempuan itu berkata, “Aku ingin ingat ke masa sebelum aku punya rasa gentar.”
Nah!
Ke arah manakah kecenderungan sastra modern Indonesia terkini? Jawabannya sangat sederhana, yaitu:
1. Produktivitas. Tren sastra Indonesia mutakhir haruslah berorientasi kepada prodiktivitas -semua yang menyebut dirinya sastrawan harus produktif- dan dari situlah dapat dilihat arah yang sebenarnya. Produktivitas itu akan tampak dalam produksi: sastra anak, sastra remaja, sastra pop dan sastra serius. Semua bidang itu tak boleh dinafikan -karena memiliki wilayah otonominya sendiri-sendiri- Di dalam semua itulah kita dapat melihat arah sastra yang sebenarnya. Ke manakah sastra itu menuju?
2. Inovasi. Tak ada sastra yang menunjang kehidupan dan budaya suatu bangsa tanpa adanya inovasi dalam penciptaan. Sebagaimana diketahui, inovasi adalah penemuan yang spektakuler, membuka dan memberi ruang baru, sikap baru, tujuan baru, faham baru, dan penciptaan baru. Dari kebaruan inovasi itulah dapat dilihat arah tujuan sastra yang sesungguhnya.
3. Kreativitas. Sering dikatakan, kreativitas bertolak belakang dengan produktivitas. Tanpa penciptaan, tak mungkin juga dilihat ada kehidupan kreativitas. Itu sebabnya produktivitas sangat penting dalam kreativitas. Kreativitas itu ada jika kreativitas dilahirkan. Kreativitas adalah bentuk ciptaan, diangkat secara orisinal dan unik. Berbeda dari hasil produksi yang mengikuti pakem dan kaidah konvensional. Kreativitas menandai kebaruan, otensitisitas, keunikan, keutuhan, dan kualitas. Kreativitas selalu membelakangi dan meninggalkan hal-hal normatif yang mengukuhkan konvensi dalam tradisi yang telah diakui secara konvensional. Dari segi itulah kita dapat melihat arah sastra modern Indonesia ke masa depan. Sastra tidak akan ada tanpa penciptaan! Apakah sastra kita surut ke belakang atau terus maju ke depan?
***
http://sastra-indonesia.com/2015/06/hendak-ke-mana-sastra-indonesia/
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
A Jalal
A. Mustofa Bisri
A. Muttaqin
A. Qorib Hidayatullah
A. Rego S. Ilalang
A. Rodhi Murtadho
A. Syauqi Sumbawi
A.H. J Khuzaini
A.H.J Khuzaini
A.S. Laksana
Abdoel Moeis
Abdul Azis Sukarno
Abdul Hadi W.M.
Abdul Muis
Abdul Wachid BS
Abdullah Abubakar Batarfie
Abdullah Harahap
Acep Zamzam Noor
Achi Breyvi Talanggai
Achiar M Permana
Aditya Ardi N
Afrizal Malna
Agama Para Bajingan
Aguk Irawan MN
Agus Buchori
Agus Noor
Agus R. Sarjono
Agus Sulton
Agusri Junaidi
AH J Khuzaini
Ahmad Farid Yahya
Ahmad Fatoni
Ahmad Gaus
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Rifa’i Rif’an
Ahmad Tohari
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Akhmad Fatoni
Akhmad Sekhu
Akhmad Taufiq
Akhudiat
Akrom Hazami
Al Azhar Riau
Alang Khoiruddin
Albert Camus
Albertus Prasetyo Heru Nugroho
Aldika Restu Pramuli
Alfian Dippahatang
Ali Audah
Alia Swastika
Alim Bakhtiar
Allex Qomarulla
Amien Kamil
Amien Wangsitalaja
Amin Hasan
Aming Aminoedhin
An. Ismanto
Ana Mustamin
Andhika Dinata
Andong Buku #3
Andong Buku 3
Anindita S Thayf
Anisa Ulfah
Anjrah Lelono Broto
Anton Wahyudi
Anugrah Gio Pratama
Anung Wendyartaka
Anwar Holid
Aprinus Salam
APSAS (Apresiasi Sastra)
Ardi Wina Saputra
Arie MP Tamba
Arif Hidayat
Arif Saifudin Yudistira
Arman A.Z.
Arti Bumi Intaran
Asarpin
Asrul Sani
Astrikusuma
Ayung Notonegoro
Azizah Hefni
Badrul Munir Chair
Bahrum Rangkuti
Balada
Bale Aksara
Bamby Cahyadi
Bandung Mawardi
Bedah Buku Kritik Sastra di PDS H.B. Jassin
Benee Santoso
Beni Setia
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Berita Duka
Bernando J. Sujibto
Binhad Nurrohmat
Brunel University London
Budaya
Budi Darma
Budi Hatees
Budi P. Hatees
Bustan Basir Maras
Cak Sariban
Catatan
Cerbung
Cerpen
Chairil Anwar
Chusnul Cahyadi
D. Zawawi Imron
Dadang Ari Murtono
Damiri Mahmud
Danang Ari
Danarto
Daoed Joesoef
Darju Prasetya
Dedy Tri Riyadi
Deni Jazuli
Denny JA
Denny Mizhar
Dessy Wahyuni
di Bentara Budaya Yogyakarta
Dian Sukarno
Dick Hartoko
Didin Tulus
Din Saja
Diskusi
Djohar
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Doddi Ahmad Fauji
Dodit Setiawan Santoso
Donny Anggoro
Dwi Cipta
Dwi Pranoto
Edeng Syamsul Ma’arif
Edy A Effendi
Eka Budianta
Eka Kurniawan
Eko Darmoko
Eko Tunas
Emha Ainun Nadjib
Erik Purnama Putra
Esai
Evan Ys
F. Aziz Manna
F. Rahardi
Fahmi Faqih
Faisal Kamandobat
Faiz Manshur
Fajar Alayubi
Farah Noersativa
Fatah Anshori
Fatah Yasin Noor
Feby Indirani
Fedli Azis
Felix K. Nesi
Festival Sastra Gresik
Franz Kafka
Frischa Aswarini
Fuad Mardhatillah UY Tiba
Gampang Prawoto
Gandra Gupta
Gita Ananda
Goenawan Mohamad
Gola Gong
Grathia Pitaloka
Gusti Eka
H.A. Karomani
Hamdy Salad
Hamid Jabbar
Hamka
Hammam Fathulloh
Happy Widiamoko
Hardy Hermawan
Hari Puisi Indonesia (HPI)
Haris Firdaus
Hasan Junus
Hasnan Bachtiar
Hazwan Iskandar Jaya
HB Jassin
Helvy Tiana Rosa
Hendri R.H
Herry Lamongan
Herta Muller
Heru Kurniawan
Hilmi Abedillah
Hudan Hidayat
Hudan Nur
I Gusti Ngurah Parthama
I Nyoman Tingkat
I Putu Sudibawa
IBM Dharma Palguna
Ibnu Wahyudi
Ida Fitri
Ignas Kleden
Ignatius Yunanto
Ika Feni Setiyaningrum
Imadi Daimah Ermasuri
Imam Nawawi
Iman Budhi Santosa
Indonesia O’Galelano
Indra Intisa
Indra Tjahyadi
Ipik Tanoyo
Isbedy Stiawan Z.S.
Iskandar Noe
Iva Titin Shovia
Iwan Simatupang
J Anto
Jefrianto
Jhumpa Lahiri
JJ. Kusni
Jo Batara Surya
Joko Pinurbo
Jordaidan Rizsyah
Jual Buku Paket Hemat
Junaidi
Junaidi Khab
Jurnalisme Sastrawi
Kahfie Nazaruddin
Kalis Mardi Asih
Kedung Darma Romansha
Khairul Mufid Jr
Khoshshol Fairuz
Kiki Astrea
Koesalah Soebagyo Toer
Koh Young Hun
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias
Komunitas Sastra Ilalang Indonesia (KSII)
Korrie Layun Rampan
Kritik Sastra
Kuntowijoyo
Kurnia Effendi
Kurniasih
Kurniawan
Kuswaidi Syafi’ie
Kuswinarto
L.K. Ara
Laila Putri Rizalia
Lan Fang
Launching dan Bedah Buku
Linus Suryadi
Literasi
LP3M (Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu)
M Fadjroel Rachman
M. Adnan Amal
M. Faizi
M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S.
M. Riyadhus Solihin
M. Taufan Musonip
M. Yoesoef
Mahbib
Mahmud Jauhari Ali
Mahwi Air Tawar
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mardi Luhung
Marhalim Zaini
Mariana A Sardino
Mario F. Lawi
Maroeli Simbolon
Marsel Robot
Masuki M. Astro
Matdon
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Mihar Harahap
Moh Khairul Anwar
Moh. Husen
Mohammad Sadam Husaen
Muhammad Ali
Muhammad Firdaus Rahmatullah
Muhammad Idrus Djoge
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Rain
Muhammad Rasyid Ridho
Muhammad Subarkah
Muhammad Yasir
Muhidin M. Dahlan
Mulyosari Banyuurip Ujung Pangkah Gresik Jawa Timur
Musfeptial Musa
Muslim Basyar
Mustafa ismail
Mustakim
Mutia Sukma
N. Syamsuddin CH. Haesy
Naskah Teater
Nasru Alam Aziz
Neli Triana
Nelson Alwi
Nezar Patria
Ni Made Purnama Sari
Nirwan Ahmad Arsuka
Nirwan Dewanto
Nissa Rengganis
Nobel Sastra
Noor H. Dee
Nur St. Iskandar
Nur Taufik
Nurel Javissyarqi
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Orhan Pamuk
Pagelaran Musim Tandur
Parimono V / 40 Plandi Jombang
Penerbit Pelangi Sastra
Pentigraf
Pidato Kebudayaan
Pipiet Senja
Pitoyo Boedi Setiawan
Politik
Pramoedya Ananta Toer
Priska
Priyo
Prosa
Puisi
PUstaka puJAngga
Putu Wijaya
Qomarul Adib
R. M. Sutjipto Wiryosuparto
R. Timur Budi Raja
Radhar Panca Dahana
Raedu Basha
Rahadian Bagus
Rahmadi Usman
Rahmat HM
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Rama Dira J
Raudal Tanjung Banua
Reiny Dwinanda
Remy Sylado
Resensi
Ribut Wijoto
Ridwan
Riki Dhamparan Putra
Rinto Andriono
Rodli TL
Ronny Agustinus
Rosidi
Rukardi
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabrank Suparno
Sahaya Santayana
Saini K.M.
Sainul Hermawan
Sajak
Sanggar Pasir
Sanggar Rumah Ilalang
Sanggar Sastra Tasikmalaya (SST)
Sanusi Pane
Sapardi Djoko Damono
Sastra dan Kuasa Simbolik
Satu Jam Sastra
Saut Situmorang
SelaSAstra Boenga Ketjil
Seno Gumira Ajidarma
Seputar Sastra Indonesia
Sergi Sutanto
Shella
Shiny.ane el’poesya
Sholihul Huda
Sides Sudyarto DS
Sigit Sugito
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Siti
Siti Sa’adah
Siwi Dwi Saputro
Slamet Hadi Purnomo
Soe Hok Gie
Soeparno S. Adhy
Soesilo Toer
Sofyan RH. Zaid
Sosiawan Leak
Sri Harjanto Sahid
St. Takdir Alisjahbana
Subagio Sastrowardoyo
Sumargono SN
Suminto A. Sayuti
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Suryansyah
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutan Takdir Alisjahbana
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Suyanto
Syaifuddin Gani
Syamsudin Walad
T Agus Khaidir
Tanjidor Lembor-Brondong-Lamongan
Tatan Daniel
Taufik Ikram Jamil
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh Trianton
Teguh Winarsho AS
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Thomas Ekafitrianus
Tjahjono Widijanto
Toko Buku Pustaka Pujangga
Toto Sudarto Bachtiar
Triyanto Triwikromo
TS Pinang
Udo Z. Karzi
Umar Kayam
Umbu landu Paranggi
Umi Kulsum
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Universitas Jember (UNEJ)
Veven Sp Wardhana
Veven Sp. Wardhana
Vino Warsono
Virdika Rizky Utama
W.S. Rendra
Wage Daksinarga
Wahyu Heriyadi
Wahyu Hidayat
Wahyu Triono KS
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Widodo DS
Wiratmo Soekito
Wita Lestari
Wizna Hidayati Umam
Wuryanti Puspitasari
Y. Wibowo
Yanusa Nugroho
Yasunari Kawabata
Yok's Slice Priyo
Yona Primadesi
Yonathan Rahardjo
Yos Rizal S
Yudha Manggala P Putra
Yudhi Fachrudin
Yulhasni
Yulia Permata Sari
Yurnaldi
Zadie Smith
Zainuddin Sugendal
Zainuri
Zehan Zareez
Zulfikar Akbar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar