(SELEPAS BATU)
Naskah Teater karya : Rakai Lukman *
SINOPSIS
Risalah Tujuh Bukit, risalah tanda, risalah peristiwa dan risalah rasi bintang. Risalah tujuh bukit adalah fase perjalanan manusia-manusia menemu diri dalam ruang tingkat dan berjenjang. Manusia yang lahir, tumbuh berkembang sampai ia meninggalkan alam fana.
Tujuh bukit juga perjalanan spiritualitas, mulai dari “ngelmu alif tumeko samudraning rasa” sebagai ilmu (bakal menempuh perjalanan mengarungi samudera kehidupan). Pun prosesimenggali air kehidupan (tirta kamandanu) dari pribadi manusia untuk menyatukan mikro-kosmos dan makro-kosmos. Kemudian wadak tubuh bergolak terpukau dan melewati pergolakan batin sampai menanjak menuju puncak bukit (tajalli). Lalu pribadi dalam gelombang batin, pertarungan material dan imaterial. Pribadi itu lantas berserah pasrah di haribaan tuhannya “nyawijining rasa tumindak’e budi bekerti” disela perjalanan itu, sang pencari menemui dan menuang sajak:
“bukit-bukit itu sasmita
Risalah rasi bintang
Kemana arah pulang
Sedang mercusuar itu tumbang”
Sebuah pertunjukan dengan pola tujuh titik. Semacam diorama hidup bertutur perjalanan menemui diri untuk sampai pada semesta keabadian.
“Tata terus salira gusti
beninge rasa, pambuka kamulyan...”
OPENING :
Sosok-sosok berjalan menempuh awal perjalanan, mereka menuju bahtera perjalanan laku spiritual dengan serempak melantunkan “ngelmu alif tumeka samudraning rasa”. Dalam perjalanan mereka dihaturkan sebuah penggalan sajak:
“Alifmu
pedang di tanganku
Susuk di dagingku
Kompas di hatiku”
Mereka masih bersama-sama melantunkan “ngelmu alif tumeka samuderaning rasa” lalu berikrar bersama-sama:
Alifmu pataka”
Pataka dibelah tujuh
Menembus lapis petala langit
Alifmu pataka
Rambut dibelah tujuh
Menembus lapis magma bumi”
Mereka menuju perjalanan untuk sampai pada titik persinggahan pertama, di sebuah bekas bukit yang sudah ditambang. Di titik pertama, mereka menempuh bahtera qudrah.
PERSINGGAHAN PERTAMA : BAHTERA QUDRAH
Di sebuah bahtera mereka menempuh berbagai peristiwa, di atas kapal mereka menjadi awak kapal yang menempuh perjalanan, ada yang jadi nahkoda, kelasi kapal dan ada yang memegang lampu badai, sampai mereka menyaksikan dari atas kapal, di mana saat itu juga mereka terombang-ambing oleh badai dan gelombang, suasana mencekam, mereka ingin singgah akan tetapi, mercusuar yang mereka cari sudah hampir tumbang, lalu salah seorang dari mereka mengucapkan potongan sajak:
“Bukit-bukit itu sasmita
Risalah rasi bintang
kandungan ibu, paku bumi
dihempas badai”
seluruh awak kapal hamper terombang-ambing, ada yang bergulung-gulung, ada yang terjungkal, akan tetapi mereka tetap berusaha teguh dalam menempuh perjalanan.
PERSINGGAHAN KEDUA : MENGGALI AIR NURANI
Selepas mengarungi samudera, sosok-sosok mulai menggali-gali sumber air kehidupan. Mereka menggali tanah, udara, api dan logam, di bekas sebuah tambang batu yang kedua, mereka menerka-nerka bahwa sumber mata air ada di luar dirinya, akan tetapi mereka tertipu, ternyata sumber itu berada di dalam dirinya sendiri. Mereka mengeksplorasi gentong dengan bergumam di dalam gentong, menabuh-nabuh dimulai dari kesunyian diri sampai bergolak , di sekililing mereka dipagari dengan bebatuan kecil dan lampu-lampu kecil di atas cobek sejumlah Sembilan. Kemudian berusaha keluar dari lingkaran yang mengepung dirinya. Lalu mereka menempuh perjalanan pada persinggahan ketiga, menuju pertemuan jagat alit dan jagat gedhe.
PERSINGGAHAN KETIGA: ASMARAGAMA (MANUNGGAL JAGAT ALIT LAN JAGAT GEDHE)
Lokasinya di sebuah lereng bukit ketiga, diawali dengan dengan sesosok yang menyuarakan penggalan tembang:
“Aduh Gusti pakertining ngelmu
ingkang tumrap ning ngalam dunyo
Agomo ageming aji.
Sopo entuk wahyuning Allah
Gyo dumilah mangulah ngelmu bangkit
Bangkit mikat reh mangukut”
Kemudian tembang itu lagukan, tembang pangkur, suasana tepatnya di bawah pohon yang di gantungi dengan kukusan yang berisi air. Di bawahnya ada sosok yang sedang mencangkul tanah harapan unruk ditanami biji-biji kearifan,, yang kelak tumbuh dan berkembang. Hingga bisa buat bernaung dan buahnya kelak menjadi bekal menuju keabadian. Saat melalukan ini didiringi ritus tarian-tarian eksploratis dan magis.
PERSINGGAHAN KEEMPAT : AKAR KENANGAN
Selepas menumpuh perjalanan penyatuan diri dan semesta, sosok itu kemudian menguarai beberapa kenangan akan dirinya. Kepala dia digelantungi dengan akar-akaran yang di sambungkan dengan bebatuan atau orang-orangan yang membawa, bara (abu), es batu balok (dingin), kering (dedauanan dan ranting kering), serta batu-batu yang tidak beraturan. Lalu sosok itu mencoba terlepas darinya. Dan perlahan-lahan melepaskan akar kenangan dan menempuh perjalanan selanjutnya. Lalu berujar: kucari semesta, kupilih semesta, jadilah semesta!
PERSINGGAHAN KELIMA: PIRAMIDA TAJALI
Muncul dari balik gelapan, suara remang-remang, lalu sosok-sosok itu memasuki area sisa tambang batu yang dibangun sebuah piramida alam semesta (benda-benda, mahluk dan pengejawantahan yang Esa). Mereka menuju tempat itu dengan riang dan melantukan nyanyian yang riang:
Preng reketek
gunung gampimg ambrol
Susu mentek-mentek
bokong gedhe megal-begol.
Lalu mereka naik piramid dari batang bamboo itu secara perlahan-lahan sambil membacakan “cinta adalah hembusan angin”. Sampai salah satunya di atas, lalu melihat ke bawah, dan menyuarakan suara bebukit:
Bukit satu persatu gugur
Terpencar acak-acakan
Berhamburan bagai kapas
Diterbangkan kebringasan
Diterjang angkara murka
Tandon hayat pun jadi mayat
Lalu bergerak-gerak lagi dan kembali mengutarakan kondisi alam yang telah hina dina, dengan menyuarakan:
Tujuh bukit tercerai berai
Ke mana arah pulang
Jika mencusuar itu tumbang!
Lalu mereka turun perlahan-lahan dengan tenang dan setelah sampai di bawah mereka melanjutkan perjalanan dengan lebih bersahaja, dengan melantunkan:
pring reketeg gunung gamping ambrol
ati kudu teteg ja nganti urip kagol
pring reketeg gunung gamping ambrol,
uripa sing jejeg nek ra eling jebol
sampaikan mereka menuju pada persinggahan yang ke enam.
PERSINGGAHAN KEENAM: SALIK SUNGSANG (PERTARUNGAN MATERI DAN IMATERI)
Di kaki bukit sisa tambang. Sosok ini selepas dari perjalanan tajali, ia mengalami ujian dalam kehidupan yang telah dikusai oleh segala bentuk atribut dan benda-benda yang dimuliakan, disanjung dan dikeramatkan, ia mencoba keluar dari dunia materi dengan cara mati ing njeroni urip, ia dalam kondisi sakau, menimbang kesaksian akan ke-Esa-an dengan manusia-manusia yang telah diperbudak pangkat dan benda-benda. Dalam pertaruhanya ia berusaha kokoh, tetapi selalu dihinggapi oleh mimpi-mimpi yang menjelma anatomi kematian yang terbaca secara terbata-bata. Akan tetapi dengan keteguhan dalam menempu ujian ia mencoba berserah pasrah pada yang kuasa segala. Dengan yakin dalam diri dan mengutarakan:
Alif jisim latif.
naqdu
jauhar sejati,
ialah syahadat jati.
darah hidup.
rasa sejati
Dzat Sukma
PERSINGGAHAN KETUJUH : PERENUNGAN
Lalu sampai pada persinggahan yang ketujuh , di mana ia melakukan perenungan dan membaca sebuah pengetahuan yang ia peroleh dan berujar:
adakah cinta yang bersumpah pada langit dan bumi?
suatu saat nanti langit runtuh, bumi terbang bagai kapas
keagungan cinta siapa yang kau bicarakan,
perjalanan panjang mana untuk sampai?
sebab keagungan cinta adalah milik Maryam kepada isa
dan perjalanan panjang adalah ketika musa membelah
dan melewati laut merah.
adakah yang lebih berat dari bumi?
Ada, beban ibu ketika mengandung dan melahirkan
adakah yang lebih tinggi dari langit?
ada, harapan ayah ketika mendidik dan membesarkan anaknya
cinta adalah hembusan angin
diiringi dengan beberapa sosok yang mendengarkan, lantas perlahan-perlahan bangun dan menebarkan dedaunan kering dan diiringi dengan tembang.
CLOSING
Seluruh pemain duduk melingkar di tengah-tengah ada tumpeng dan dibacakan doa, kidung rumekso ing wengi:
Ana kidung rumekso ing wengi
Teguh hayu luputa ing lara
luputa bilahi kabeh
jim setan datan purun
paneluhan tan ana wani
niwah panggawe ala
gunaning wong luput
geni atemahan tirta
maling adoh tan ana ngarah ing mami
guna duduk pan sirno
Sakehing lara pan samya bali
Sakeh ngama pan sami mirunda
Welas asih pandulune
Sakehing braja luput
Kadi kapuk tibaning wesi
Sakehing wisa tawa
Sato galak tutut
Kayu aeng lemah sangar
Songing landhak guwaning
Wong lemah miring
Myang pakiponing merak
Pagupakaning warak sakalir
Nadyan arca myang segara asat
Temahan rahayu kabeh
Apan sarira ayu
Ingideran kang widadari
Rineksa malaekat
Lan sagung pra rasul
Pinayungan ing Hyang Suksma
Ati Adam utekku baginda Esis
Pangucapku ya Musa
Napasku nabi Ngisa linuwih
Nabi Yakup pamiryarsaningwang
Dawud suwaraku mangke
Nabi brahim nyawaku
Nabi Sleman kasekten mami
Nabi Yusuf rupeng wang
Edris ing rambutku
Baginda Ngali kuliting wang
Abubakar getih daging Ngumar singgih
Balung baginda ngusman<
Sumsumingsun Patimah linuwih
Siti aminah bayuning angga
Ayup ing ususku mangke
Nabi Nuh ing jejantung
Nabi Yunus ing otot mami
Netraku ya Muhammad
Pamuluku Rasul
Pinayungan Adam Kawa
Sampun pepak sakathahe para nabi
Dadya sarira tunggal.
SELESAI
(diramu kembali pada Februari 2019).
*) Rakai Lukman, lelaki kelahiran Desa Sekapuk Ujung Pangkah Gresik, RT. 04 RW.03. Nama Aslinya: Luqmanul Hakim. Semasa kecilnya menikmati bangku sekolah di TK dan MI Bahrul Ulum Sekapuk. Remajanya di sekolah Mts. Dan MAK Assa’adah Bungah Gresik, sempat dalam asuhan PonPes Qomaruddin Sampurnan Bungah selama kurang lebih enam tahun. Di bangku Aliyah mulai berkenalan dengan teater dan puisi. Sejak saat itu ia tergabung dalam kelompok teater pelajar, Teater Havara MA Assa’adah Bungah. Juga diberi kesempatan sebagai Ketua EXIST (Extra Ordinary of Islamic Student).
Selanjutnya pada jenjang perguruan tinggi negeri, ia singgah di IAIN Sunan Kalijaga, berkenalan dengan Teater ESKA IAIN SUKA. Selama setahun ngangsuh kaweruh di situ. Selanjutnya dengan beberapa teman mendirikan Sanggar Jepit di Yogyakarta. Lalu nimbrung di Roemah Poetika, ikut ngaji puisi. Juga diberi kesempatan jadi Ketua IMAGE (Ikatan Mahasiswa Gresik di Yogyakarta).
Tahun 2010, pulang ke kampung Halaman, kembali bersinggungan dengan dunia teater dan pernik-pernik kesenian. Ikut ngopi dan nongkrong di KOTASEGER (Komunitas Teater Sekolah Sekab. Gresik). Pun diberi kesempatan bertegur sapa dengan DKG (Dewan Kesenian Gresik), sebagai ketua Biro Sastra 2016-2021. Ia sempat sebagai Pembina Ekstra Teater di SMKN 1 Sidayu, Teater Cakrawala SMK Ihyaul Ulum Dukun. Juga menjadi Guru tiban SBK di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik.
Dari tahun 2000 sampai sekarang, beberapa karyanya ikut nampang di alam kesusastraan, di antaranya: 1). Antologi bersama dalam “Kitab Puisi I Sanggar Jepit” tahun 2007, “Burung Gagak dan Kupu-kupu” tahun 2012, dan “Lebih Baik Putih Tulang Dari pada Putih Mata” Seratus Penyair Nusantara, Festival Puisi Bangkalan II, tahun 2017. 2). Beberapa essai dalam “Seratus Buku Sastra Indonesia Yang Patut Dibaca Sebelum Dikuburkan” Iboekoe tahun 2007. 3). Cerpen “Gadis Kebaya Ungu” menjadi cerpen pilihan terbaik, pada Lomba Ukiran Karya Hati (LUKH) tahun 2010. 4). Puisi dan cerpennya dipublikasikan di Arena, Advokasia, Balipost, Majalah Sabili, buletin sastra Pawon Solo, Buletin Gerawasi. 5.) Naskah Teater (Para Pejalan lelah, Fatrah, Merah Putih Tak Bertuah, Laskar Bersarung, Ratapan lelaki Senja, Tuffah dan Delima Separuh). 6). Puisi “Santri Bengawan”, menjadi puisi terbaik pada lomba SMP (santri menulis puisi) tahun 2017.
Dari tahun 2000 sampai 2017, diberi kesempatan ikut dalam beberapa proses pertunjukan, di antaranya: 1). Pementasan “Petang di Taman” Karya Iwan Simatupang (T. Havara) di AULA SMAN I Gresik, tahun 2001. 2). Pementasan Teaterikalisasi Puisi “Isyarat Jibril” (T. ESKA) di AULA UIN Sunan Kalijaga, tahun 2003. 3). Pementasan “Yang Paling Tidak Sopan” (Sanggar Jepit) dipentaskan di 4 kota (Yogyakarta, Kudus, Pemalang dan Surabaya) tahun 2004. 4). Sutradara “Para Pejalan Lelah” (S. Jepit) tahun 2007 di CafĂ© PUB Yogyakarta. 5). Pementaskan Naskah “Tiang Debu” (Gresik Teater) di Gedung Cak Durasim pada acara KTI tahun 2010. 6). Penulis Naskah dan Sutradara “Merah Putih Tak Bertuah” (T. Paser) dipentaskan di Lap. STAI Qomaruddin tahun 2011. 7). Pementasan Performance Art “Air Mata Tanah” (Gresik Teater) pada teater ruang publik Festival Seni Surabaya 2010 di Monkasel Surabaya. 8). Penulis Naskah dan Sutradara “Ratapan Lelaki Senja” dipentaskan di AULA IAIN Sunan Ampel Surabaya tahun 2012. 9). Pembaca Puisi pada “Penyair Muda Baca Puisi” di Taman Budaya Yogyakarta tahun 2006. 10). Penulis Naskah dan Sutradara Drama kolosal “Laskar Bersarung”, produksi bersama MA Ihyaul Ulum dan KORAMIL Dukun tahun 2015, dipentaskan di lapangan Sambo Dukun Gresik. 11). Mementaskan monolog puisi “Mega Bukit” pada acara Sadu II Teater Akeq IAI Qomaruddin Bungah Gresik dan Terminal Budaya Lintas Jatim XI Teater Ndrinding SMAHITS Lowayu Dukun Gresik, tahun 2017.
Dalam beberapa tahun terakhir diberi amanat untuk menjadi pemateri Diklat di beberapa sekolah di kabupaten Gresik, diantaranya: T. Cepak (SMAN I Gresik), T. Pendopo (MAN Bungah), T. Havara (MA Assa’adah), T. Lampu (SMAN I Sidayu), T. SAQ (SMA Assa’adah), T. Sakalentang (SMA Al-Karimi Tebuwung) T. Pager MA Ihyaul Ulum Canga’an. Juga menjadi Juri di berbagai perlombaan, diantaranya: Pantomim TK tingkat kecamatan (Bungah dan Panceng), lomba teater di SMK NU Trate se Kab Gresik, Lomba Baca Puisi dan teater di MAN Bungah, Juri puisi Aksioma di desa Wotan sekecamatan Panceng. Kini bercita-cita membentuk komunitas dengan nama JANPOET (Jam’iyah Art ‘N Poetika), sekaligus pengen punya Langgar Baca. Semoga tercapai. Amin. No Kontak: 08563229239 E-mail : ulyadzirwa@gmail.com/sastradkg2017@gmail.com
http://sastra-indonesia.com/2019/08/risalah-tujuh-bukit/
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Senin, 19 Agustus 2019
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
A Jalal
A. Mustofa Bisri
A. Muttaqin
A. Qorib Hidayatullah
A. Rego S. Ilalang
A. Rodhi Murtadho
A. Syauqi Sumbawi
A.H. J Khuzaini
A.H.J Khuzaini
A.S. Laksana
Abdoel Moeis
Abdul Azis Sukarno
Abdul Hadi W.M.
Abdul Muis
Abdul Wachid BS
Abdullah Abubakar Batarfie
Abdullah Harahap
Acep Zamzam Noor
Achi Breyvi Talanggai
Achiar M Permana
Aditya Ardi N
Afrizal Malna
Agama Para Bajingan
Aguk Irawan MN
Agus Buchori
Agus Noor
Agus R. Sarjono
Agus Sulton
Agusri Junaidi
AH J Khuzaini
Ahmad Farid Yahya
Ahmad Fatoni
Ahmad Gaus
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Rifa’i Rif’an
Ahmad Tohari
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Akhmad Fatoni
Akhmad Sekhu
Akhmad Taufiq
Akhudiat
Akrom Hazami
Al Azhar Riau
Alang Khoiruddin
Albert Camus
Albertus Prasetyo Heru Nugroho
Aldika Restu Pramuli
Alfian Dippahatang
Ali Audah
Alia Swastika
Alim Bakhtiar
Allex Qomarulla
Amien Kamil
Amien Wangsitalaja
Amin Hasan
Aming Aminoedhin
An. Ismanto
Ana Mustamin
Andhika Dinata
Andong Buku #3
Andong Buku 3
Anindita S Thayf
Anisa Ulfah
Anjrah Lelono Broto
Anton Wahyudi
Anugrah Gio Pratama
Anung Wendyartaka
Anwar Holid
Aprinus Salam
APSAS (Apresiasi Sastra)
Ardi Wina Saputra
Arie MP Tamba
Arif Hidayat
Arif Saifudin Yudistira
Arman A.Z.
Arti Bumi Intaran
Asarpin
Asrul Sani
Astrikusuma
Ayung Notonegoro
Azizah Hefni
Badrul Munir Chair
Bahrum Rangkuti
Balada
Bale Aksara
Bamby Cahyadi
Bandung Mawardi
Bedah Buku Kritik Sastra di PDS H.B. Jassin
Benee Santoso
Beni Setia
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Berita Duka
Bernando J. Sujibto
Binhad Nurrohmat
Brunel University London
Budaya
Budi Darma
Budi Hatees
Budi P. Hatees
Bustan Basir Maras
Cak Sariban
Catatan
Cerbung
Cerpen
Chairil Anwar
Chusnul Cahyadi
D. Zawawi Imron
Dadang Ari Murtono
Damiri Mahmud
Danang Ari
Danarto
Daoed Joesoef
Darju Prasetya
Dedy Tri Riyadi
Deni Jazuli
Denny JA
Denny Mizhar
Dessy Wahyuni
di Bentara Budaya Yogyakarta
Dian Sukarno
Dick Hartoko
Didin Tulus
Din Saja
Diskusi
Djohar
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Doddi Ahmad Fauji
Dodit Setiawan Santoso
Donny Anggoro
Dwi Cipta
Dwi Pranoto
Edeng Syamsul Ma’arif
Edy A Effendi
Eka Budianta
Eka Kurniawan
Eko Darmoko
Eko Tunas
Emha Ainun Nadjib
Erik Purnama Putra
Esai
Evan Ys
F. Aziz Manna
F. Rahardi
Fahmi Faqih
Faisal Kamandobat
Faiz Manshur
Fajar Alayubi
Farah Noersativa
Fatah Anshori
Fatah Yasin Noor
Feby Indirani
Fedli Azis
Felix K. Nesi
Festival Sastra Gresik
Franz Kafka
Frischa Aswarini
Fuad Mardhatillah UY Tiba
Gampang Prawoto
Gandra Gupta
Gita Ananda
Goenawan Mohamad
Gola Gong
Grathia Pitaloka
Gusti Eka
H.A. Karomani
Hamdy Salad
Hamid Jabbar
Hamka
Hammam Fathulloh
Happy Widiamoko
Hardy Hermawan
Hari Puisi Indonesia (HPI)
Haris Firdaus
Hasan Junus
Hasnan Bachtiar
Hazwan Iskandar Jaya
HB Jassin
Helvy Tiana Rosa
Hendri R.H
Herry Lamongan
Herta Muller
Heru Kurniawan
Hilmi Abedillah
Hudan Hidayat
Hudan Nur
I Gusti Ngurah Parthama
I Nyoman Tingkat
I Putu Sudibawa
IBM Dharma Palguna
Ibnu Wahyudi
Ida Fitri
Ignas Kleden
Ignatius Yunanto
Ika Feni Setiyaningrum
Imadi Daimah Ermasuri
Imam Nawawi
Iman Budhi Santosa
Indonesia O’Galelano
Indra Intisa
Indra Tjahyadi
Ipik Tanoyo
Isbedy Stiawan Z.S.
Iskandar Noe
Iva Titin Shovia
Iwan Simatupang
J Anto
Jefrianto
Jhumpa Lahiri
JJ. Kusni
Jo Batara Surya
Joko Pinurbo
Jordaidan Rizsyah
Jual Buku Paket Hemat
Junaidi
Junaidi Khab
Jurnalisme Sastrawi
Kahfie Nazaruddin
Kalis Mardi Asih
Kedung Darma Romansha
Khairul Mufid Jr
Khoshshol Fairuz
Kiki Astrea
Koesalah Soebagyo Toer
Koh Young Hun
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias
Komunitas Sastra Ilalang Indonesia (KSII)
Korrie Layun Rampan
Kritik Sastra
Kuntowijoyo
Kurnia Effendi
Kurniasih
Kurniawan
Kuswaidi Syafi’ie
Kuswinarto
L.K. Ara
Laila Putri Rizalia
Lan Fang
Launching dan Bedah Buku
Linus Suryadi
Literasi
LP3M (Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu)
M Fadjroel Rachman
M. Adnan Amal
M. Faizi
M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S.
M. Riyadhus Solihin
M. Taufan Musonip
M. Yoesoef
Mahbib
Mahmud Jauhari Ali
Mahwi Air Tawar
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mardi Luhung
Marhalim Zaini
Mariana A Sardino
Mario F. Lawi
Maroeli Simbolon
Marsel Robot
Masuki M. Astro
Matdon
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Mihar Harahap
Moh Khairul Anwar
Moh. Husen
Mohammad Sadam Husaen
Muhammad Ali
Muhammad Firdaus Rahmatullah
Muhammad Idrus Djoge
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Rain
Muhammad Rasyid Ridho
Muhammad Subarkah
Muhammad Yasir
Muhidin M. Dahlan
Mulyosari Banyuurip Ujung Pangkah Gresik Jawa Timur
Musfeptial Musa
Muslim Basyar
Mustafa ismail
Mustakim
Mutia Sukma
N. Syamsuddin CH. Haesy
Naskah Teater
Nasru Alam Aziz
Neli Triana
Nelson Alwi
Nezar Patria
Ni Made Purnama Sari
Nirwan Ahmad Arsuka
Nirwan Dewanto
Nissa Rengganis
Nobel Sastra
Noor H. Dee
Nur St. Iskandar
Nur Taufik
Nurel Javissyarqi
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Orhan Pamuk
Pagelaran Musim Tandur
Parimono V / 40 Plandi Jombang
Penerbit Pelangi Sastra
Pentigraf
Pidato Kebudayaan
Pipiet Senja
Pitoyo Boedi Setiawan
Politik
Pramoedya Ananta Toer
Priska
Priyo
Prosa
Puisi
PUstaka puJAngga
Putu Wijaya
Qomarul Adib
R. M. Sutjipto Wiryosuparto
R. Timur Budi Raja
Radhar Panca Dahana
Raedu Basha
Rahadian Bagus
Rahmadi Usman
Rahmat HM
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Rama Dira J
Raudal Tanjung Banua
Reiny Dwinanda
Remy Sylado
Resensi
Ribut Wijoto
Ridwan
Riki Dhamparan Putra
Rinto Andriono
Rodli TL
Ronny Agustinus
Rosidi
Rukardi
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabrank Suparno
Sahaya Santayana
Saini K.M.
Sainul Hermawan
Sajak
Sanggar Pasir
Sanggar Rumah Ilalang
Sanggar Sastra Tasikmalaya (SST)
Sanusi Pane
Sapardi Djoko Damono
Sastra dan Kuasa Simbolik
Satu Jam Sastra
Saut Situmorang
SelaSAstra Boenga Ketjil
Seno Gumira Ajidarma
Seputar Sastra Indonesia
Sergi Sutanto
Shella
Shiny.ane el’poesya
Sholihul Huda
Sides Sudyarto DS
Sigit Sugito
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Siti
Siti Sa’adah
Siwi Dwi Saputro
Slamet Hadi Purnomo
Soe Hok Gie
Soeparno S. Adhy
Soesilo Toer
Sofyan RH. Zaid
Sosiawan Leak
Sri Harjanto Sahid
St. Takdir Alisjahbana
Subagio Sastrowardoyo
Sumargono SN
Suminto A. Sayuti
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Suryansyah
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutan Takdir Alisjahbana
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Suyanto
Syaifuddin Gani
Syamsudin Walad
T Agus Khaidir
Tanjidor Lembor-Brondong-Lamongan
Tatan Daniel
Taufik Ikram Jamil
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh Trianton
Teguh Winarsho AS
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Thomas Ekafitrianus
Tjahjono Widijanto
Toko Buku Pustaka Pujangga
Toto Sudarto Bachtiar
Triyanto Triwikromo
TS Pinang
Udo Z. Karzi
Umar Kayam
Umbu landu Paranggi
Umi Kulsum
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Universitas Jember (UNEJ)
Veven Sp Wardhana
Veven Sp. Wardhana
Vino Warsono
Virdika Rizky Utama
W.S. Rendra
Wage Daksinarga
Wahyu Heriyadi
Wahyu Hidayat
Wahyu Triono KS
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Widodo DS
Wiratmo Soekito
Wita Lestari
Wizna Hidayati Umam
Wuryanti Puspitasari
Y. Wibowo
Yanusa Nugroho
Yasunari Kawabata
Yok's Slice Priyo
Yona Primadesi
Yonathan Rahardjo
Yos Rizal S
Yudha Manggala P Putra
Yudhi Fachrudin
Yulhasni
Yulia Permata Sari
Yurnaldi
Zadie Smith
Zainuddin Sugendal
Zainuri
Zehan Zareez
Zulfikar Akbar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar